SAHABAT BAGI KULIT BAYI SENSITIF

Kamis, 6 September 2018 | 11:11 WIB

Setiap ibu pasti akan selalu mengupayakan perawatan tubuh yang terbaik bagi sang buah hatinya sejak dari lahir. Salah satunya adalah dalam merawat kulit bayi. Kulit bayi merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif dan memerlukan perhatian khusus dalam merawatnya.  Karena apabila kulit bayi tidak dirawat dengan baik hal itu akan memungkinkan bakteri dari berbagai penyakit dapat masuk ke tubuh sang bayi.

Untuk merawat kebersihan dan kesehatan kulit bayi bisa dilakukan dengan memandikan bayi menggunakan sabun khusus bayi yang mampu membersihkan dan menjaga kelembaban kulit bayi dengan baik. Bersihkan wajah, leher dan tangan bayi dengan lap bersih. Hindari penggunaan air yang terlalu panas ataupun dingin, disarankan menggunakan air hangat pada suhu sekitar 37 derajat celcius atau seperti suhu tubuh. Jangan memandikan bayi lebih dari 10 menit, sebab dapat membuat kulit bayi menjadi lebih kering dan mudah iritasi.

Kulit bayi yang sensitif akan mudah mengalami kulit kering, gatal-gatal dan kemerahan akibat alergi, infeksi dan iritasi yang disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah pemakaian sabun yang tidak tepat. Pemakaian sabun yang tidak tepat dapat membahayakan kulit bayi yang sensitif oleh karena itu Bunda harus pintar dalam memilih sabun sebagai perawatan terbaik bagi kulit sang buah hati. Berikut beberapa kriteria dalam memilih sabun yang tepat bagi kulit bayi, yaitu:

Mengandung Gliserin

Memastikan sabun bayi memiliki pH yang seimbang dengan kulit bayi

Mempunyai kandungan hypoallergenic

Bebas pewangi berbahaya dan alkohol

Tidak mengandung paraben sebagai bahan pengawet

Hindari produk dengan label antibakteri

Setelah Bunda sudah memilih sabun yang tepat bagi kulit sang buah hati, Bunda juga harus memastikan setelah bayi mandi, kulit bayi harus terhidrasi dengan baik. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab ke kulit bayi, dan rajinlah mengecek dan mengganti popok bayi secara rutin dan membersihkannya dengan cermat agar tidak terjadi iritasi.

Pilihlah dan rawatlah kulit bayi Bunda dengan baik. Jadilah orangtua yang cermat dalam memilih produk-produk perawatan kulit bayi yang tepat sebagai perawatan tepat bagi kulit sang buah hati anda.

Sumber: Alodokter

Bagikan ke :